Senin, 10 Agustus 2009

Melepas Perangko dari Kertas Amplop

Halo2… Kali ini saya mau sharing tips untuk para philatelist alias kolektor perangko ataupun teman-teman yang berminat memulai mengoleksi perangko.
Biasanya nih, perangko bekas yang masih menempel di kertas amplop kan susah dilepas… Kalo ditarik manual ntar bisa sobek (aku pernah lho… Karena gak tau caranya aku coba tarik manual, sobek deh… Padahal itu perangko dari Singapore… Huhuhu… T_T Jangan ditiru ya…) 
Nah, untuk mencegah hal bodoh di atas terjadi juga pada saudara-saudara, sekarang saya mau bagiin tips untuk melepas perangko dari kertas amplop tanpa merusak perangko. Ini dia caranya:
1. Sediakan mangkok kecil yang diisi air hangat.
2. Rendam perangko yang masih menempel. Rendamnya dalam keadaan telungkup ya…
3. Setelah beberapa saat, perangko akan lepas dengan sendirinya. Kalau ndak bisa lepas sendiri, ya coba dibantu melepas, proses pelepasannya jadi mudah dan tidak akan merusak perangko.
4. Keringkan perangko. Selipkan perangko di buku tebal yang kertasnya menyerap air, contohnya buku telepon yellow pages itu lho…
Setelah +/- 24 jam perangko sudah kering dan bisa disimpan di dalam album perangko.
Cara ini sekarang selalu saya terapkan untuk melepas perangko dari amplop. Simple dan yang penting tidak merusak perangko. Hehe…
Yup, itu aja… Moga2 bisa berguna… Thanks banget uda mbaca… ^^

-xordfreax [Wendy] 娉婷-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar