Sabtu, 19 Desember 2009

Behind My INRI’s Articles [Part I]

Saudara-saudari pembaca majalah INRI SMA Kr. Petra 1.

Bagaimana INRI edisi 24 – Desember 2009 ini?

Jarang-jarang lhow INRI terbit setelah satu semester. INi berkat ketuanya yang lincah dan ulet, Fransisca R. Hebad lho tuh anak. Masa waktu itu sampai pulang jam 19.30 dari sekolah demi ngurusin INRI. Benar-benar berdedikasi…

Sudahlah, sekarang inti dari post ini apa? Begini, sebagai jurnalis INRI, tentunya untuk membuat suatu artikel, saya harus melalui proses-proses.

Nyari ide, bikin konsep, interview, marahin narasumber (Jurnalis busuk, jangan ditiru…), ngetik, ngumpulin. Baru setelah itu di proses sama pihak editor dan layouter, dsb, dsb. Dan jadilah hasil tulisan saya.

Tetapi di balik hasil akhir yang indah itu, ternyata ada proses yang cukup lucu (makanya aku berniat sharing nih, buat menuh2in blog… Hahaha… Gaklah, ya buat review, buat sharing juga coz semester 2 ntar aku gak bolah ikut INRI lagi jadi sapa tau setelah baca post ini ada yang minat meneruskan perjuanganku…). Berikut ini beberapa tulisan saya dan proses2 busuk selama mengerjakannya.:

1. Their Perspective About : 2012 (Poling. Page 28-30)

Pada suatu hari di sekolah, sedang diadakan rapat antar anggota INRI di perpus… Sang Ketua mendaulat para jurnalis untuk mencari ide baru supaya majalah sekolah tidak boring. Tiba-tiba tercetus di benak saya sebuah ide, yaitu info tentang 2012 (kira2 tau gak darimana aku dapat ide ini…? Hohoho… Yup, because my-lovely-idol-Adam-Lambert-yang-keren-dan-berbakat-tapi-sayangnya-homo-itu ngisi soundtrack buat 2012 movie). Tapi saya kecewa kemudian karena Saudara Hartanto selaku redaksi menyatakan kalau topic itu dilarang kepala sekolah. Sedih. Tapi diriku yang pantang menyerah ini (kayaknya lebih tepat disebut KERAS KEPALA) menyarankan format tampilan lain dengan topik tetap 2012, yaitu poling dan interview opini.

Untuk poling ini, aku selalu ngerjain dengan niat. Semua responden aku tungguin dan bantuin ngejawab (ternyata emank kayak gitu yang bener… Aku emank jurnalis yang baik… Ha-Ha-Ha!). Kenapa kok gitu aja bangga? Yeah, because lembar poling yang juga aku bagiin ke jurnalis lain itu, tidak ditungguin sama jurnalis lain dan akibatnya ada yang ilank, ada yang ngisi gak nggena (wez pokokE NGGAPLEKi… Bayangno ae, masa kamu kerja dengan niat, tapi ternyata sing laenE kerja gak nggena. Sampe ada kertas poling ilank itu parah pek…). Moga2 berikutnya gak kayak gini. Akhirnya itu ada sebagian yang aku karang2 (ngaku wez iki…)

Trus, buat interviewnya. Rencana awalnya: 2 guru (Pak Andi dan Pak Mul) sama 2 murid…

Realisasinya:

Bu Rianti (waktu itu nyari Pak Andi gak ketemu. Karena wiz menjelang deadline ya wez akhirnya interview siapa adanya… Trims ya Bu…!

Pak Mul (meskipun beliau lagi sibuk dan keringatan karena lagi ngajar ekskur badminton, tapi beliau tetap mau diinterview dengan antusias. Thanks Pak…!

Erick Leo (ini gara2 dia lagi ngerjain karya tulis tentang 2012 kalau gak salah. Makanya aku minta tolong dia… Untung dia mau, gak tau lagi sih sapa yang mau… Thanks ya!!)

2. Dengar Mereka Berbagi Pengalaman (Page 33-34)

Ini juga ide yang didapat dari rapat. Ceritanya tuh menginterview mantan2 ketua periode lalu buat sharing pengalaman mereka selama memimpin organisasi di sekolah. Nah, udah tau kan kalau big three ketua di sekolah kita tuh Ketua OSIS, Ketua PD, sama Ketua INRI. Aku dapat bagian ketua OSIS sama Ketua PD periode lalu. Ketua INRI periode lalu itu Adit, katanya sih dia mau menginterview diri sendiri (curhat gitu… Huahahaha…) Tapi gak tau kok malah gak keluar di majalah…

Berikut ini adalah liputan proses interview…

A. Kevin CG

Lha, ini kan petQ dewe, jadi mestiE gampang kan kalau mau interview…

Tapi kenyataannya…:

Aku SMS : “Oi CG, bsk tak interview buat INRI y? Help… TopikE tentang sharing pengalaman sbg ketua periode lalu…”

CG reply: “Lho, kok mesti aku seh? G yg laen ae?”

Aku reply: “LHa yg jadi ketua PD kan kamu! SW juga aku interview kok…”

CG : akhirnya setuju…

Aku sms : “Nih tak kasih ancar2 pertanyaan yg bsk aku mau tny-in. biar besok kamu gak mikir lama2. Pengalaman mengesankan, suka-duka, yg kamu dapat selama menjabat, dan pesan. Thx y”

CG reply : “Pengalaman mengesankan :Senang, bisa berkumpul sama saudara seiman.. Bersuka cita bersama, n dpt meningkatkan kerohanian..

Suka : isa kmpul" stiap saat, jalan" bareng, bnyk tmen, lbh mudah berbagi tntng ksh Tuhan..

Duka : msh bnyk yg sering guyon(trmsuk aQ) hingga kacau klo ada event

Yg aq dpt selama menjabat: Bisa bljr sbg leader, trus cara" membangun kerohanian n suasana kebersamaan dan harmonis d kalangan PD

Pesan: keep on fire bwt generasi penerus, jgn lupa Tuhan, lbh serius n guyon pada saatnya, klo ada event jgn lupa ma generasi lama”

Aku : (gak nyangka dibalas langsung…) “Wewh, ywd. Thx ya! Besok tinggal tak foto…”

(*) Sebenarnya enak juga kalau langsung dibales lewat sms. AKu gak perlu ngetik lagi di computer, tinggal copy paste dari sms itu.. Wkwkwkwk…

B. Stefanny Wijanto

Karena gak kenal akrab jadi sempat ragu dan pusing juga. Tapi sebagai orang yang bertanggung jawab dan berbudi, tugas mesti tetap dijalankan… Akhirnya:

1. minta no hapenya SW. (Aku lupa minta sapa. Yg jelas thanks banget buat orang yang sangat berjasa ini…)

2. SMS : minta izin interview, janjian tempat dan waktu.

3. minta foto : tnyata SW gak mau difoto secara langsung. Akhirnya aku suruh email sendiri.

Kesan : ternyata orangnya friendly banget. Meskipun sejak TK satu sekolah dan sejak kelas 3 SD gak pernah contact, tapi ramah banget! Padahal aku sempat sungkan pas mau interview… ^^”

3. Hasil Poling Jurusan (page 61-62)

Nah… Rasanya info ini gak guna kalau gak buat anak kelas XII doank. Funsinya Cuma buat liat jurusan apa yang paling banyak dipilih. Mestinya sih hasilnya lumayan relevan coz aku nyebar angket sebanyak 150 biji. (75 IPA – 75 IPS). Yah, bisa dilihat sendirilah hasilnya… Tapi kok pas dimuat ada yang kurang satu ya polingnya? Yang universitas pilihan anak IPS gak ada… T.T

Yak, that’s all for this post… See you…

-xordfreax [Wendy] 娉婷-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar